TETAP SEMANGAT DEMI MASA DEPAN YANG CERAH

Breaking

Selasa, 01 Juni 2010

PANDUAN PEMBUATAN TUGAS AKHIR

Berikut ini adalah cara untuk membuat tugas akhir pada tahun sekarang ini tentunya......
Banyak kesulitan yang kita temui sa'at membuat tugas akhir dari mulai ide, riset,,,,kadang kadang dah kita tulis begitu dikumpulkan masih juga banyak yang salah sedih bukan...nah berikut ini mungkin dapat membantu dalam pembuatan tugas akhirnya anda....oya saya lupa sebelum menjelaskannya ini tulisan boleh dapet dari salah satu web ma'af aja pada pemiliknya saya ga ada maksud untuk meng klaim buatanya tapi saya cuma ingin semua orang juga pada tau ni lah aturanya gitu lo...mas...ya dengan kata lain saya bantu mempopulerkan aja dan saya ga ngarepin apa..apa...cuman satu yang saya harepin..yaitu majulah bangsa indonesia bukan bangsaku yang maju...karna lo bangsaku habis dah duit negara ni.. I. PENDAHULUAN
Sebagaimana peraturanyan telah ditetapkan seperti tercantum dalam buku “Pedoman Akademik” bahwa
setiap mahasiswa AMIK “TRI DHARMA” Yang akan menyelesaikan studinya wajib membuat Tugas Akhir.
Dengan demikian Tugas Akhir yang ditulis salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada AMIK “TRI
DHARMA“ dan Tugas Akhir merupakan matakuliah 6 sks yang ditawarkan sitiap semester (ganjil dan
denap). Adapun mahasiswa Diploma 3 (D3) yang diizinkan untuk mengambil mata kuliah. Tugas Akhir
adalah jika mahasiswa tersebut telah melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL/Magang), telah
mengambil 90 sks, dan telah mengikuti Seminar Proposal (awal dan hasil). Seminar Proposal, dimana
syarat mengikuti Seminar Proposal adalah (1) sedang atau telah lulus matakuliah Metode. Penelitian, (2) telah
atau sedang menyelesaikan 90 sks, (3) tidak ada E, dan (4) Nilai D<=6 sks (bukan Matakuliah Komptensi).
Tugas Akhir merupakan sebuah laporan ilmiah dari hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa yang
berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, hipotesis (optional), tujuan, kontribusi, metode
penelitian, kemudian tinjauan perusahaan dan pustaka, serta hasil dan pembahasan dari yang diteliti,
kemudian diakhiri kesimpulan, batasan sistem sebagai hasil penelitian, dan saran. Bentuk umum
penelitian yang dilaksanakan mahasiswa AMIK “TRI DHARMA” adalah survey, dan dari penelitian survey
inilah dilanjutkan dengan penelitian laboratorium. Tugas Akhir disusun oleh mahasiswa/I dibawah
pengawasan dosen pembimbing.
I.1 Ruang Lingkup Tugas Akhir
· Penelitian Dasar
Yaitu penelitian murni terhadap sesuatu karena ada perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu
aktifitas.Penelitian ini dilakukan dengan Intellectual reasoning yang mendasar diri atas keinginan
untuk mengetahui semata-mata dan tidak langsung mempunyai kegunaan khusus.
· Penelitian Terapan
Yaitu penelitian yang menggunakan practical reasoning untuk menjawab suatu masalah yang timbul
pada suatu ketika, agar dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik. Hasil penelitian tidak harus
sebagai satu penemuan baru, tetapi merupakan aplikasi baru dari penelitian terdahulu.
· Penelitian Korelasional
Adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dari suatu fenomena, dan
kalau ada berapa besar derajat hubungannya, antara beberapa variable yang diteliti, walaupun tidak
dapat diketahui apakah hubungan tersebut adalah hubungan sebab akibat ataupun bukan.
· Penelitian Kausal Komparatif
PANDUAN TUGAS AKHIR 7
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya hubungan sebab akibat
dengan cara berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada, Kemudian mencari kembali factor
yang diduga menjadi penyebabnya, melalui pengumpulan data dengan melakukan perbandingan
diantara data-data yang terkumpul/diteliti.
· Penelitian Eksperimental
Adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya hubungan sebab akibat
dengan cara memberikan satu atau lebih perlakuan kepada satu atau lebih kelompok eksperimental
dan membandingkan dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan.
Penelitian ini bertujuan pula untuk menjelaskan sebab-sebab berlangsungnya suatu proses akibat,
Serta efek-efek dari suatu kondisi tertentu.
· Penelitian Analitis
Adalah suatu penelitian yang menganalisis data yang mengarah kepada suatu kesimpulan suatu
populasi, bersifat inferensial. Berdasarkan dari sample digeneralisasi menuju ke data populasi.
*) Tugas Akhir para mahasiswa AMIK “TRI DHARMA“ merupakan penelitian dasar dan penelitian
terapan, dengan asumsi bahwa, “Perhatian dan keingintahuan terhadap kegiatan Sistem
Informasi (SI) disebuah perusahaan/organisasi, lalu rancang sebuah modul program komputer
sebagai hasil intellectual ataupun practical reasoning….”
*) Sehingga Tugas Akhir mahasiswa AMIK “TRI DHARMA“ tidak memerlukan adanya perumusan
Hipotesis, sedangkan yang wajib ada perumusan hipotesis adalah jika penelitian korelasional, kausal
Komparatif, Eksperimental dan sebagian Deskriptif.
I.2 Format dan Aturan Tulisan
Adapun syarat-syarat penulisan dan ketentuan-ketentuan yang harus dipedomani secara umum dalam
penulisan Tugas Akhir adalah sebagai berikut :
1. Penulisan menggunakan, Huruf standard (10 karakter panjangnya 1 inci ) contohnya “font Verdana “
ukuran 10 pt kecuali untuk kulit, judul dan judul Bab, dimana ukuran huruf lebih besar.
2. Dalam penulisan Tugas Akhir harus terdapat konsistensi mulai dari awal sampai akhir. Sistematis
dan saling berkesinambungan, sehingga nampak Tugas Akhir yang ditulis sebagai suatu kesatuan
yang kokoh.
3. Paragraf di ketik rata kiri dan rata kanan, awal setiap alinia ditulis maju kedepan dengan jarak 5
karakter ( 0,50 inci atau 1,25 cm ) dari pinggir. ( lihat lampiran 2 )
PANDUAN TUGAS AKHIR 8
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
4. Posisi pengetikan adalah 4, 4, 3, 3, yang maksudnya posisi penulisan dengan jarak 4 cm dari
pinggir kiri, 4 cm dari pinggir atas, 3 dari kanan dan bawah. (lihat lampiran 2)
5. Untuk penulisan narasi jaraknya 1,5 spasi sedangkan untuk pengetikan tabel, gambar dan lain-lain
disesuaikan dengan ketentuan tabel, gambar dan lain-lain tersebut.
6. Penulisan hanya pada bidang atas kertas, sedangkan bidang bawah tidak ditulis (tidak timbal balik),
dan kertas yang digunakan adalah HVS berwarna putih dengan ukuran kwarto ( 21,0 x 29,7 cm )
dan berat kertas 80 gram.
7. Penulisan nomor halaman adalah pada posisi tengah bawah dengan menggunakan angka roman
kecil (i, ii, iii, dst ) untuk halaman bagian awal sedangkan untuk bagian isi dan akhir Tugas Akhir
dengan posisi sudut kanan atas dengan menggunakan angka ( 1, 2, 3, 4, dst ). Pada setiap kepala Bab
nomor halaman posisi di bawah-tengah. ( lampiran 3 )
8. Dalam sebuah alenia jarak titik dengan huruf awal ( kata ) dari kalimat baru adalah 1 karakter.
9. Setiap Bab ( awal/judul ) dimulai pada halaman baru.
10. Penulisan harus sesuai dengan kaedah EYD (Ejaan yang disempurnakan). Kata ganti orang, terutama
kata ganti orang pertama tidak boleh digunakan seperti saya, kami dan lain-lain.
11. Pemakaian istilah atau kata-kata asing yang tidak bisa dihindari harus ditulis dalam bahasa aslinya,
maka penulisannya dibuat miring.
12. Singkatan, dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing untuk pertama kali ditulis harus lengkap dan
singkatannya di belakang. Misalnya :
Computer Based Information System ( CBIS ) ………
Teknologi Informasi ( TI ) ………
Random Access Memory ( RAM ) ……..
13. Penggunaan angka dan lambang pada awal kalimat ( setelah titik ) tidak dibenar, jika terpaksa harus
ditulis dengan huruf. Misalnya :
60 orang murid SD ………dst
Ditulis : Enam puluh orang murid SD…….dst
14. Penulisan angka yang lebih kecil dari 10, ditulis dengan huruf atau ditulis lengkap, kecuali kalau
angka itu merupakan suatu deretan atau rangkaian dari kata- kata sebelum / sesudahnya. Misalny :
Dalam penelitian dilakkukan 7 fase…….
Maka tulisan yang benar :
Dalam penelitian dilakukan tujuh fase….
PANDUAN TUGAS AKHIR 9
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Sedangkan yang lainnya :
A. 4 – 6% peralatan tidak dapat digunakan
B. Ombak Tsunami yang terjadi dengan ketinggian 12-15 meter
15. Setiap pernyataan angka desimal digunakan tanda koma, angka ribuan dan kelipatannya ditulis
dengan memisahkan 1 karakter, sedangkan angka yang terlalu banyak ditulis dengan ringkas.
Misalnya :
a) 7,92
b) 65536 ditulis 65.536
c) 7.900.000 ditulis 7,9 juta
16. Tabel dan Gambar
a. Penulisan judul Tabel/Gambar berjarak 2,5 spasi diatas / dibawah Tabel / Gambar, tidak
diakhiri dengan titik.
b. Bila judul Tabel/Gambar lebih dari satu baris, jaraknya 1 spasi
c. Kleterangan Tabel/Gambar ditulis dengan jarak 1 spasi
d. Tabel/Gambar yang diambildari data sekunder diberatkan sumber nya, yaitu dengan
mencantumkan nomor penulis dan tahun sumber.
e. Penomoran Tabel dalam Bab
Misal nya : Tabel terdapat dalam Bab III, nomor urut 2,
maka ditulis dengan tabel. 3.2
f. Penulisan judul Tabel / Gambar, pada setiap awal kata dari judul ditulis dengan huruf besar,
kecuali untuk kata penghubung ditulis dengan huruf kecil (lampiran 4 dan 5)
PANDUAN TUGAS AKHIR 10
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
II. BAGIAN AWAL TUGAS AKHIR
Bagian awal Tugas Akhir adalah bagian Tugas Akhir yang dimulai dari “KULIT” sampai dengan “DAFTAR
LAMPIRAN”. Bagian – bagian tersebutuntuk penulisan Tugas Akhir pada AMIK “TRI DHARMA” adalah
sebagai berikkut :
1. Kulit Luar
2. Kulit dalam
3. Halaman Persetujuan Tugas Akhir
4. Halaman Rekomendasi Ujian
5. Halaman Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
6. Halaman pengesahan Telah dipertahankan dalam sidang Ujian
7. Abstrak
8. Abstract
9. Kata Pengantar
10. Daftar Isi
11. Daftar Tabel
12. Daftar Gambar
13. Daftar Lampiran
Secara umum penulisan bagian awal Tugas Akhir ini adalah :
1. Format penulisan disesuaikan bagian c- bagian tersebut
2. Nomor halaman ditulis dengan angka “Romawi kecil” (i,ii,iii, dst)
3. Nomor halaman i dimulai dari kulit dalam dan ditulis pada posisi “tengah bagian bawah”.
4. Pada halaman yang ada kepala Bab, maka no halaman tidak ditulis tetapi halamanya tetap dihitung.
A. Kulit Luar (warna biru muda/benhur)
1. Kulit luar ditulis semuanya dengan huruf kapital. Besar huruf dibuat sedemikian rupa
sehingga susunannya bagus dan simetris
2. Kulit luar dibuat 2 rangkap, dimana yang pertama dibuat hard-cover dan yang lembaran
dengan kertas HVS
3. Yang ditulis pada kulit luar adalah:
a. Nama AMIK “TRI DHARMA” dan YAYASAN PERGURUAN TINGGI RIAU
(YPTR)
b. Lambang AMIK “TRI DHARMA”
PANDUAN TUGAS AKHIR 11
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
c. Kata-kata “Tugas Akhir”
d. Judul Tugas Akhir, judul Tugas Akhir dibuat maksimal 4 baris
e. Nama mahasiswa, NPM, dan Program Studi
f. Kota Pekanbaru dan tahun selesai pembuatan Tugas Akhir.
4. Halaman ini belum dihitung sebagai no halaman
5. Contohnya dapat dilihat pada Lampiran 6
B. Kulit dalam
1. Kulit dalam ditulis dengan huruf kapital kecuali untuk kata – kata “sebagai salah satu syarat
….dst”. Dimana hanya awal setiap kata yang huruf kapital.
2. Yang menulis pada kulit dalam adalah :
a. Sama dengan A.3.a ;A.3.b dan A.3.c.
b. Kata – kata : “ Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Meraih Gelar Diploma 3 Komputer
Pada Akademi Manajement Komputer ( AMIK “ TRI DHARMA “ )
c. Lalu dibawahnya sama dengan A.3.d, A.3.e, dan A.3.F
d. Lembaran ini tidak mencantumkan lambang AMIK “ TRI DHARMA “ .
3. Halaman ini dihitung sebagai halaman pertama yang ditulis dengan “I”
4. Contohnya dapat dilihat pada lampiran 7
C. Halaman Persetujuan Tugas Akhir
1. Halaman ini berisikan :
a. Nama lembaga, yang ditulis dengan huruf kapital
b. Nama, NPM, Jurusan dan Judul Tugas Akhir mahasiswa
c. Kota dan Tanggal persetujuan. Tanggal persetujuan ditulis sesuai dengan persetujuan
diberikan oleh dosen pembimbing
d. Persetujuan dan tanda tangan diberikan oleh dosen pembimbing, dan diketahui oleh ketua
AMIK “TRI DHARMA” Pekanbaru dan dihitung sebagai halaman “ii”
2. Contohnya dapat dilihat pada Lampiran 8
D. Halaman Rekomendasi Ujian
1. Halaman ini berisikan :
a. Judul Tugas Akhir, dengan huruf kapital
b. Nama mahasiswa dan NPM
PANDUAN TUGAS AKHIR 12
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
c. Persetujuan dosen pembimbing dengan kata-kata : Telah memenuyhi Persyaratan
untuk dipertahankan di Depan Dosen Penguji Ujian Komprehensif AMIK “TRI
DHARMA” Pekanbaru
d. Tanda pengesahan, tanggal pengesahan, nama dan tanda tangan dosen pembimbing.
Tanggal pengesahan harus sesuai dengan saat pengesahan oleh dosen pembimbing.
2. Lembaran ini hanya satu halaman dan dihitung sebagai halaman “iii”.
3. Contohnya dapat dilihat pada Lampiran 9
E. Halaman Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
1. Isinya tentang pernyataan penulis yang menyatakan serta nama dan tanda tangan penulis
(yang menyatakan) dan dihitung sebagai halaman “iv”
2. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 10
F. Halaman Pengesahan Tugas Akhir telah dipertahankan dalam sidang Ujian.
1. Berisikan tentang :
a. Judul, yang dibuat dengan huruf kapital
b. Nama dan NPM, serta keterangan telah disidangkan
c. Nama dan tanda tangan pembimbing yang mengatas namakan dewan penguji dan
diketahui oleh ketua AMIK “TRI DHARMA” Pekanbaru. Dan dihitung sebagai
halaman “v”
2. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 11
G. Riwayat Hidup
1. Berisikan tentang riwayat hidup, pekerjaan dan kegiatan- kegiatan yang dilakukan oleh
penulis. Riwayat ini dimulai dari informasi tgl/tempat lahir sampai posisi penulis pada saat
pembuatan Tugas Akhir. (Bila telah lulus ujian komprehensif ditambahkan dengan tanggal
lulus).
2. Riwayat hidup ditulis sebanyak satu halaman dengan jarak penulisan 1 ½ atau 1,5 spasi.
3. Halaman ini dihitung sebagai halaman ke “vi”
4. Riwayat hidup ditanda tangani.
5. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 12
PANDUAN TUGAS AKHIR 13
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
H. Abstrak
1. Abstrak/abstract ditulis dalam 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
2. Abstrak merupakan ringkasan dari Tugas Akhir yang dibuat
3. Isi abstrak ini adalah sebagai berikut :
a. Judul Tugas Akhir, yang ditulis dengan huruf kapital
b. Nama mahasiswa dan NPM, kemudian diikuti oleh nama dosen pembimbing
c. Isi Abstrak, yaitu tentang tujuan, waktu, tempat dan metode penelitian, kemudian
diikuti dengan hasil penelitian dan kesimpulan, semuanya ini ditulis dalam sebuah
alinia dengan jarak ketikan 1 spasi, maksimal 250 kata/ 25 baris, dan harus diikuti
minimal 4 kata kunci (keyword)
d. Kata kunci, yaitu kata/ penting yang merupakan kata- kata kunci Tugas Akhir, jumlah
kata- kata kunci maksimal 5 buah.
e. Jumlah halaman Abstrak hanya 1 lembar dihitung sebagai halaman “vii”
4. Contohnya dapat dilihat pada Lampiran 13
I. Abstract
Adalah abstrak namun dalam bahasa Inggris
J. Kata Pengantar
1. Merupakan pengantar dari penulisan Tugas Akhir
2. Kata pengantar berisikan tentang :
a. Pernyataan penulis untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penyusunan
Tugas Akhir
b. Tujuan umum penulisan Tugas Akhir
c. Tempat dan waktu penelitian
d. Ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu, mulai dari pimpinan AMIK
“TRI DHARMA” Pekanbaru, pimpinan tempat penelitian, dosen pembimbing, dan
pernyataan belum sempurnanya penulisan Tugas Akhir, ucapan untuk pihak lain
sampaikan pada “Lembar Persembahan” (lembar tersendiri)
e. Ucapan doa atas semua bantuan.
3. Kata pengantar diakhiri dengan kata, tanggal, dan nama penulis
4. Halaman ini dihitung mulai dari “vii”
5. Jumlah halaman sesuai dengan isi kata pengantar, jarak ketikan 1,5 spasi
6. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 14
PANDUAN TUGAS AKHIR 14
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
K. Daftar Isi
1. Merupakan daftar yang berisikan tentang gambaran isi Tugas Akhir seta posisinya pada Tugas
Akhir yang dibuat
2. Judul Bab ditulis dengan huruf kapital
3. Dalam Daftar Isi dimulai dari Bab kata pengantar sampai dengan akhir Tugas Akhir
4. Judul Sub bab dan sub-sub Bab ditulis untuk setiap awal kata dengan huruf kapital
5. Jarak penulisan antara Bab dengan bab dan sub- bab dengan sub- Bab adalah 1,5 spasi
6. Bila panjang kalimat Bab, sub-bab atau sub-sub Bab lebih dari 1 baris maka jarak baris
pertama dengan yang di bawahnya 1 spasi
7. Ujung kalimat Bab, sub bab atau sub-sub bab dengan nomor dihubungkan dengan titik.
8. Di bawah judul Daftar Isi pada pojok kanan atas dibuat kata “halaman”
9. Nomor ditulis sejajar dengan huruf “n” pada kata-kata “halaman”
10. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 15
L. Daftar Tabel
1. Merupakan informasi tabel yang terdapat di dalam Tugas Akhir
2. Daftar Tabel berisikan tentang :
a. Judul, dibuat dengan huruf kapital
b. Kata kata nomor sebelah sudut kiri dan halaman pada sudut kanan di bawah judul
c. Nomor Tabel, judul tabel dan halamannya
d. Jarak nomor tabel dengan judul tabel adalah 2 karakter
e. Judul tabel bila lebih dari 1 baris, ditulis dengan jarak spasi satu
f. Akhir judul dengan nomor halaman dihubungkan dengan titik
3. Jarak antara judul tabel dengan judul tabel yang lain adalah 2 spasi
4. Nomor ditulis sejajar dengan huruf “n” pada kata – kata halaman
5. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 16
M. Daftar Gambar
1. Merupakan daftar yang memberikan informasi tentang gambar- gambar atau ilustrasi yang
terdapat dalam Tugas Akhir
2. Isi dan pengaturan penulisan daftar lampiran sama dengan daftar tabel
3. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 17
N. Daftar Lampiran
PANDUAN TUGAS AKHIR 15
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
1. Merupakan daftar yang memberikan informasi tentang lampiran yang ada dalam Tugas Akhir
2. Isi dan pengaturan penulisan daftar lampiran sama dengan daftar gambar
3. Contoh dapat dilihat pada Lampiran 18
PANDUAN TUGAS AKHIR 16
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
III. BAGIAN ISI TUGAS AKHIR
Bagian isi Tugas Akhir adalah pembahasan yang dimulai dari Bab I (pendahuluan) sampai dengan Bab
IV (Kesimpulan dan Saran). Dalam Tugas Akhir mahasiswa AMIK “TRI DHARMA” Pekanbaru bagian isi
Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
1. BAB I Pendahuluan (di dalam ada tinjauan perusahaan)
2. BAB II Tinjauan Pustaka
3. BAB III Analisa Sistem dan Implementasi Sistem
4. BAB IV Kesimpulan, Keterbatasan, dan Saran
Ketentuan umum dalam penulisan bagian isi Tugas Akhir adalah sebagai berikut :
1. Bab I dimulai dari halaman 1, dan halaman selanjutnya (2, 3, 4, dst)
2. Nomor halaman ditulis dengan angka yaitu 1, 2, 3, 4, 5…… dst. Posisi nomor halaman adalah pada
sudut kanan atas (Lampiran 3). Pada halaman judul Bab, nomor halaman tidak ditulis, tetapi tetap
dihitung, setiap kepala Bab baru harus dimulai dari halaman baru, walaupun pada ujung Bab
sebelumnya masih banyak halaman yang kosong.
3. Narasi dibuat dalam bentuk alinia, dimana setiap pokok bahasan merupakan sebuah alinea. Pada awal
sebuah alinia dimajukan ke depan sebanyak lima karakter (lihat Lampiran 1)
4. Jarak penulisan narasi adalah 1,5 spasi
5. Semua tabel, gambar, ilustrasi yang terdapat pada Tugas Akhir harus diberi judul dan nomor. Judul
tabel ditulis pada bagian atasnya, bila tabel disadur atau diambil dari bahan bacaan (kepustakaan) harus
dibuat sumbernya. Judul gambar dan ilustrasi ditulis pada bagian bawahnya, bila bersumber dari
kepustakaan harus dibuat sumbernya. Judul tabel, gambar dan ilustrasi ditulis dengan huruf kapital
pada setiap awal kata, kecuali untuk kata penghubung, dan bila judul lebih dari satu baris, maka jarak
penulisannya satu spasi.
6. Dalam membuat tabel, gambar ataupun ilustrasi tidak boleh terpotong, kecuali apabila tabel, gambar
dan ilustrasi itu besarnya lebih dari satu halaman.
PANDUAN TUGAS AKHIR 17
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
A. Bab I Pendahuluan
Bab I (pendahuluan) berisikan tentang latar belakang penelitian, perumusan masalah, hipotesa,
tujuan penelituan, konstribusi penelitian dan metode penelitian.
1. Latar Belakang Penelitian, berisikan tentang hal-hal yang mendorong atau yang melatarbelakangi
pengambilan judul penelitian, untuk membuat latar belakang ini dengan menjawab pertanyaan yang
kita ajukan terhadap judul.
Misalnya judul Tugas Akhir :
Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Siswa pada SMU PGRI 1 Pekanbaru Ditunjang
Rancangan Modul Program menggunakan Bahasa Pemrograman Berorientasi Obyek
Maka kalimat-kalimat yang tersusun dalam latar belakang yang dibuat adalah uraian yang
menggambarkan jawaban dari pertanyaan :
a. Kenapa menerapkan sistem komputer? Kelebihan apa yang akan diperoleh?
b. Mengapa SI Administrasi Siswa?
c. Kenapa di SMU PGRI 1 Pekanbaru?
d. Mengapa menggunakan bahasa pemrograman berorientasi obyek?
Semua jawaban itu ditulis dalam bentuk narasi dengan beberapa buah alinia, sehingga
rangkaian tersebut menjadi latar belakang penelitian. Dengan demikian sekaligus akan tergambar
“masalah”, yaitu adanya Gap atau perbedaan antara kondisi saat ini (aktifitas SI Administrasi Siswa)
dengan yang diinginkan/ seharusnya.
2. Perumusan Masalah
Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab
masalah yang teliti. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang
menjadi batasan penelitian. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.
a) Dengan narasi contohnya :
1.2 Perumusan Masalah
Sistem Informasi administrasi Di SMU PGRI 1 Pekanbaru saat ini dalam hal pencatatan atau pengumpulan
data, rekapitulasi dan pembuatan laporan siswa maupun keuangan masih dilakukan secara manual, serta
PANDUAN TUGAS AKHIR 18
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
belum menerapkan rancangan database elektronik untuk kumpulan datanya tersebut, semua terdata dalam
bentuk kertas-kertas (paper oriented). Secara umum bahwa kegiatan Sistem Informasi (SI) administrasi siswa
yang dilakukan secara berulang dan berkesinambungan masih didominasi aktifitas manual belum menerapkan
sistem komputerisasi, yang menyebabkan sering terjadi kerangkapan data, tingkat keamanan data yang
rendah, sering terjadinya data yang tidak konsisten, serta tingkat efisiensi yang rendah dalam
pengorganisasian dan fleksibel dan tidak variatif sesuai kebutuhan pengguna atau stakeholder.
Atau : dalam bentuk point – point narasi
1. Sistem Informasi Administrasi Siswa SMU PGRI 1 Pekanbaru belum mengoptimalkan pemanfaatan
Teknologi Informasi, dimana dalam pencatatan dan penyimpanan data anggota koperasi yang
jumlahnya cukup banyak, transaksi penjualan yang terjadi terus menerus dan sering, serta data
barang dengan jenis yang banyak, semua masih dilakukan secara manual, sehingga tingkat
keamanan data yang rendah, sering terjadinya data yang tidak konsisten, serta tingkat efisiensi yang
rendah dalam pengorganisasian dan penyimpanan data.
2. Belum memiliki dan menggunakan rancangan database elektronik untuk kumpulan datanya sehingga
mudah terjadi kerangkapan data dan data tidak konsisten.
3. Pembuatan Laporan – laporan telah menggunakan komputer namun perangkat lunak yang
digunaklan masih berupa program terpaket yang tergolong Spreasheet (lembar kerja) seperti
Microsoft Excel karena memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah terutama untuk proses-proses
yang berulang dan bentuk- bentuk laporan yang bervariasi
4. Interaksi antara pengguna dengan komputer tidak difasilitasi rancangan Graphic User Interface
(GUI) yang baik dan dapat memudahkan, sehingga menyulitkan para pengguna yang dapat
menyebabkan kelambatan proses.
5. ………
6. ………
b) Dengan pertanyaan
1.2 Perumusan Masalah
a) Apakah sistem komputerisasi dapat di terapkan pada sistem informasi administrasi siswa
SMU PGRI 1 Pekanbaru ?
b) Apakah dengan penerapan sistem komputerisasi dapat mendukung proses pencatatan data
siswa dan keuangan, rekpitulasi, penciptaan informasi /laporan, dan pendistributian
informasi/laporan menjadi lebih efektif dan efesien di SMU PGRI 1 Pekanbaru ?
PANDUAN TUGAS AKHIR 19
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
3. Hipotesa : Hipotesa adalah dugaan atau kesimpulan sementara yang akan di uji dalam penelitian
yang akan di laksanakan, hipotesa disusun berdasarkan teori-teori atau hasil-hasil penelitian yang
telah dilakukan orang lain yang lebih dahulu melakukan penelitian .conoh : (sesuai dengan judul
diatas)
1.2 Hipotesa
Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Siswa di SMU PGRI 1 Pekanbaru yang didukung
oleh rancangan database elektronik dan modul program menggunakan bahasa pemrograman
berorientas obyek seperti Delphi akan dapat meningkatkan aktifitas Administrasi SMU PGRI 1
Pekanbaru mengingat bahwa data mengenai siswa dan keuangan bisa tercatat dan tersimpan
lebih aman dengan m enggunakan media penyimpanan yang relatif kecil serta dat atersebut dapat
diambil kembali dengan cepat jika sewaktu-waktu diperlukan, laporan-laporan dapat dicetak
setiap saat diperlukan dengan bentuk yang dapat bervariasi. Selain itu para pengguna sistem yang
berinteraksi dengan komputer akan lebih mudah karena di dukung rancangan tampilan input
yang interaktif.
4. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian berisikan tentang maksud kita melakukan penelitian itu itu
sendiri. Tujuan ini dapat beruapa teori,prosedure, rancangan program, rekayasa dan lain-lain, hal ini
tergantung dari pada bentuk penelitian . Penelitian survey biasanya bertujuan untuk mendapatkan
informasi yang sudah ada tanpa ada sentuhan perlakuan oleh peneliti, penelitian experimen (biasanya
di laboratorium atau kebun percobaan) adalah untuk mendapatkan informasi tentang efek yang
ditimbulkan terhadap objek yang diteliti, sedangkan penelitian kepustakaan adalah untuk mendapat
informasi tentang teori-teori dan oendapat-pendapat para ahli tentang pemecahan masalah dari yang
dihadapi.
1.3 Tujuan Penelitian
1. Membuktikan bahwa penerapan Teknologi Informasi yang optimal sesuai kemampuan dan
kecanggihan komputer akan sangat membantu meningkatkan kecepatan serta kelancaran
aktifitas koperasi terutama yang berhubungan dengan aktifitas transaksi penjualan.
2. Membuktikan bahwa aktifitas pekerjaan yang sepenuhnya dilakukan dengan cara manual
memikliki kelemahan utama yaitu memerlukan waktu lebih dibandingkan dengan cara
PANDUAN TUGAS AKHIR 20
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
komputerisasi terutama pekerjaan yang bersifat berulang dan rumit serta melibatkan banyak
data.
3. Menguraikan langak-langkah dan aspek yang diperlukan dalam mengembangkan sistem
informasi asministrasi siswa dan data keuangan SMU PGRI 1 Pekanbaru
4. ……
5. Kontribusi Penelitian
Berisikan tentang manfaat yang diperoleh dari hasil penilitian yang di dapatkan. Isi
Konstribusi ini adalah manfaat bagi sistem yang ada dan lingkungan nya.
Misalnya :
1). Komputerisasi pada perpustakaan, maka manfaat itu harus diliaht dari
Segi :
a. Pengguna pustaka ( anggota pustaka )
b. Pegawai / Karyawan
c. Pimpinan
d. Ilmu pengetahuan / Akademi / Peneliti selanjutnya.
Contoh nya :
5.1 Konstribusi penelitian
Konstribusi penelitian adalah sbb :
1. Agar memudahkan anggota pustaka mendapatkan informasi bahanbahan
perpustakaan yang dibutuhkan.
c) Agar memudahkan anggota pustaka melaksanakan
teransaksi peminjaman dan pengembalian buku pustaka
3. Agar memudahkan karyawan mendapatkan informai
perpustakaan Dan dalam pelayanan
d) Memudahkan karyawan dapat membuat laporan yang
Dibutuhkan Pimpinan
e) Memudahkan pimpinan mendapatkan laporan dan dapat
Mengambil Keputusan dalm waktu yang cepat
f) Dapat menyusun laporan penelitian dalam bentuk Tugas Akhir
untuk menyelesaikan studi pada Amik “Tri Dharma”
PANDUAN TUGAS AKHIR 21
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
2). Komputerisasi pada Bank,maka manfaatkan dilihat dari segi :
a. Nasabah
b. Karyawan
c. Pimpinan
d. Instansi Sektoral
e. Pembangunan
f. Ilmu Pengetahuan /Akademis /Peneliti Selanjutnya
Contoh nya :
1.5 konstribusi Penelitian
Penelitian diharapkan dapat memberikan konstribusi (manfaat) Sbb :
1. Agar memudahkan para nasabah mendapatkan informasi kondisi Keuangan
pada Bank
2. Agar Memudahkan transaksi keuangan di bank
3. Agar karyawan lebih cepatmendapatkan informasi dan membuat laporan serta
melaksanakan proses transaksi
4. Agar memudahkan dan mempercepat dalam mendapat informasi laporan serta
mempercepat mengambil keputusan
5. Memudahkan suatu instansi mendapatkan data-data dan informasi dari bank.
6. dst.
3). Begitu juga kontribusi pada lembaga-lembaga / institusi lainnya.
5. Metode Penelitian : Dalam metode penelitian diuraikan mengenai model penelitian,
rancangan penelitian, teknik mpengumpulan data dan bentuk output yang akan
dihasilkan.Penelitian survey (field research), dilakukan dengan cara kunjungan ke lapangan.
Disini harus dijelaskan, dta yang dikumpulkan, cara mengumpulkan data dan pengolahan
atanya. Penelitian kepustakaanharus dijelaskan data yang diteliti, informasi yang diperlikan,
tempat pengambilan dan sumber-sumber bacaan yang dibutuhkan, serta kegunaannya
(tujuannya). Penelitian laboratorium harus dijelaskan alat, tempat, waktu, prosedur pekerjaan,
tujuan dan data yang ingin diperoleh.
Uraikan phase-phase SDLC berdasarkan masalah yang akan diselesaikan termasuk untuk
mendapatkan data (requirement determination) melalui field research dengan cara wawancara,
daftar pertanyaan, atau mingkin JAD (Joint Application Design)
PANDUAN TUGAS AKHIR 22
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Juga dalam merancang atau menstrukturisasi atau memodel proses dan data (requirement
structuring) melalui laboratory Research dan Library Research.
B. Masih di Bab I. Tinjauan Perusahaan
Sub Bab ini berisikan tentang hasil penelitian yang telah dilakukan (penelitian survey) tentang
perusahaan atau tempat penelitian lanjutan akan dilaksanakan. Data-data harus sesuai dengan kondisi
lapangan, bila ada manipulasi data maka sistem informasi yang akan dibuat tidak akan dapat digunakan sesuai
dengan tujuan yang diharapkan.
Uraian / isi bab ini antara lain :
a. Sejarah berdirinya
b. Ruang lingkup kegiatan
c. Visi dan misi perusahaan
d. Produk andalan
e. Struktur organisasi
f. Tugas dan fungsi masing-masing bagian.
PANDUAN TUGAS AKHIR 23
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
C. Bab II. Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan cuplikan dari pernyataan-pernyataan, pendapat-pendapat, kesimpulan
ataupun hasil penelitian, buku, jurnal, prosiding, laporan dan lain – lain yang berhubungan dengan objek dan
judul bahan bacaan sebaiknya terbitan terbaru dan yang lebih baik adalah sumber-sumber dari journal,
bulletin, laporan penelitian, posiding dan sejenisnya. Sebaiknya sumber bacaan itu terbitan 5 tahun terakhir,
paling lama 10 tahun terakhir.
Bab tinjauan pustaka untuk Tugas Akhir AMIK “ TRI DHARMA “ dibagi dalam sub bab yaitu: ulasan
literatur dan latar belakang teknik.
1. Ulasan Literatur : waktu menulis ulasan literatur ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
a. Setiap pokok persoalan, dibuat dalam sebuah alinia.
b. Seluruh kutipan pernyataan, harus diikuti oleh nama sumber dan tahunnya. Bila nama
pengarang diawal maka tahun ditulis dalam kurung, sedangkan bila nama pengarang diakhir
maka nama pengarang dan tahun kedua-duanya.
Misalnya:
No halaman
Menurut Stoner (1995:15) definisi manajemen adalah empat fungsi manajer yaitu
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian, sedangkan menurut Nurwono
(1994) manajemen itu adalah …….dst…….dst.
Alasan komputer sebagai perkakas yang sangat penting dalam SIM Modern adalah
: Pengolahan cepat, akurasi, kapasitas penyimpanan yang besar,…..dst…….dst (Kumorotomo,
2001), sedangkan menurut Yogianto (1998) adalah …….dst……dst…..
c. Nama yang ditulis adalah kata akhir dari nama pengarang, bila mana hanya 1 kata langsung
ditulis. Gelar tambahan (gelar kesarjanaan atau gelar lainnya) tidak ditulis.
Misal :
· Antoni Arif, maka ditulis : Menurut Arif (….)
· Antoni Arif dan Budi Ariadi, maka ditulis : Menurut Arif dan Ariadi (…..)
· Brandon maka ditulis : Brandon (…..)
· Prof. Asri Cendana, SE, MM, maka ditulis : Cendana (…..)
d. Bila ada pendapat yang sama dari 2 atau lebih sumber dibuat dalam satu kalimat dengan
menuliskan semua nama pengarang ( sumber)
PANDUAN TUGAS AKHIR 24
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Misalnya:
Menurut Harry (2000) dan Choandra (2003) bahwa tiga pilar utama yang menentukan
kualitas informasi adalah akurasi, ketepatan comprehensibility, relavan, bermanfaat, tepat
waktu, handal, akurat dan konsisten (Mardias, 1998; Boesmar, 2000 dan Anton, 2002).
e. Bila jumlah pengarang suatu buku dua orang maka kedua nama pengarang tersebut ditulis,
tetapi bila jumlah pengarang lebih dari dua orang maka hanya nama pengarang pertama
kemudian diikuti oleh dkk (artinya dan kawan-kawan) bila judul dalam bahasa indonesia
atau et al. (ditulis miring) bila judul dalam bahasa asing (Inggris, Arab, Cina, Jerman dan
lain-lain). Di AMIK “TRI DHARMA” Pekanbaru semua sama dengan et al.
Misalnya :
Menurut Irwan dan Deny (2000) bahwa komputer………dst……… sedangkan Brian et
al.(2002) menyatakan bahwa……..dst……
Manajemen informasi merupakan ……….dst……… dst…….. dst (Hasbi at al., 2001; Umi
dan Sidik; 2003).
f. Hal-hal yang disampaikan dalam ulasan literatur antara lain mengenai :
1. komputerisasi
2. sistem dan sistem informasi
3. pengembangan sistem informasi
4. pengolahan data
5. bahasa pemrograman
6. bahasa pemrograman dan aplikasinya (sesuaikan dengan bahasa yang digunakan, misal
: Delphi, VB atau yang lainnya)
7. ruang lingkup objek penelitian
Misalnya :
kalau penelitian pada Administrasi siswa, maka dikupas ulasan literatur mengenai apa,
untuk apa, bagaimana, apa perlunya dll mengenai Administrasi.
Kalau hotel, ,engenai usaha perhotelan.
Jadi hendaknya ulasan literatur bersumberkan dari bermacam-macam sumber bacaan.
PANDUAN TUGAS AKHIR 25
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
g. Apabila ulasan literatur sangat perlu/ harus dimasukan dalam Tugas Akhir karena bagian
pokok (penting) dari Tugas Akhir, sedangkan kita tidak menemukan sumbernya (asli atau
fotocopi), maka kita boleh menyadurnya dari sumber lain tetapi harus dijelas kan darimana
disadur, penulisannya adalah sebagai berikut :
Menurut Ford (2000) yang dikutip oleh Gerard (2003) bahwa……… dst……dst.
Atau :
Menurut Jackson (1995) dan Hanson (2000) bahwa …….. dst……… dst…….dst
h. Dalam mengutip atau mengambil data atau kalimat dari pendapat orang lain dapat dilakukan
dengan dua cara yaitu : secara langsung dan tidak langsung.
Pengutipan langsung, yaitu mengutip semua yang dikatakan pengarang tanpa merobah dan
menguranginya termasuk titik komanya. Pengutipan langsung ini harus dibuat dalam tanda
petik dan jarak penulisan satu spasi.
Pengutipan tidak langsung, yaitu pengutipan yang dilakukan sesuai dengan gaya bahasa
atau cara orang yang mengutip, tetapi tidak merobah arti, hasil dan maksud yang
disampaikan oleh pengarang. Hal ini tentu disesuaikan penafsiran, kemampuan analisis dan
kegunaan oleh si pengutip. Penulisan kutipan ini seperti narasi biasa dengan jarak spasi .1.5.
Contohnya:
Pada buku : perencanaan dan pembangunan sistem informasi, karangan Budi Sutedjo
Dharma Oetomo, S.Kom, MM. Dikutip pendapatnya pada halaman 45 seperti copy berikut :
- Pengutipan langsung
Amiruddin (2002) menyatakan bahwa :
“Teknologi Informasi (TI) merupakan sebutan lain dari teknologi komputer, yang
dikhususkan untuk penyalakan data menjadi informasi yang
bermanfaat……………………………..” (misalnya 4 baris)
- Pengutipan tak langsung
Amiruddin (2002) menyatakan bahwa Teknologi Informasi atau teknologi komputer pada
saat ini terus mengalami perkembangan baik dari segi bentuk, ukuran, kecepatan dan
kemampuan untuk mengakses, hal ini penyebabnya adalah karena adanya persaingan
antara produsen prosesor komputer, lebih-lebih pada 10 tahun terakhir ini.
PANDUAN TUGAS AKHIR 26
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
i. Bila yang dikutip tidak ada pengarangnya, maka yang digunakan adalah nama lembaga
penerbitnya. Nama penerbit dapat digunakan singkatan yang sudah ppuler, bila singkatan
itu belum populer maka pada bagian awal harus dijelaskan dulu singkatannya.
Misalnya :
Menurut YPI (2000) bahwa…………..
Menurut BIP (Badan Informasi Pertanian) Bandung (1998) bahwa aliran sistem
informasi yang sedang berjalan pada bagian pendidikan dan pelatihan fungsional adalah
sebagai berikut :…………. Dst…… dst….. dst…….
2. Latar Belakang Teknik
- Mudah
- Mengambil/ mencuplik/ menyalin teori-teori yang terkait langsung dengan topik bahasan.
- Tidak perlu ada uraian lengkap tentang sebuah bahasa pemrograman yang digunakan, karena
pembuat/ produsen software tersebut tidak memberikan royakti pada penulis/ peneliti (untuk
apa mempromosikan produk mereka?)
- Sebagai gantinya, uraikan/ jelaskan bentuk-bentuk loop, subroutine/ prosedure, bagaimana
bentuk program yang terstruktur, struktur yang baik dari sebuah program, dll. Artinya tidak
tergantung pada sebuah bahasa pemrograman tertentu namun contohkan dengan potonganpotongan
program.
PANDUAN TUGAS AKHIR 27
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
D. Bab III Hasil dan Pembahasan
Isi Bab III adalah inti dari Tugas Akhir yaitu hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan
penelitian yang diikuti dengan pembahasannya. Hasil penelitian yang komunikatif di samping ada narasi
hendaknya juga dilengkapi dengan tabel-tabel, gambar, lay-out, dll (kalau ada), sehingga lebih cepat dan
jelas untuk dimengerti. Dalam pembahasan dapat dengan menggunakan kata-kata dan logika penulis
sendiri dan juga dapat disokong oleh teori-teori, kesimpulan dan pendapat peneliti sebelumnya. Secara
umum pembahasan tersebut adalah :
- merupakan bab inti dari penelitian
- berisi uraian dari sistem atau sub sistem atau perusahaan/ obyek yang diteliti sebagaimana
adanya, namun tetap berpedoman pada uraian/ point pada perumusan masalah di Bab I
- uraian tentang keadaan sebenarnya tersebut digambarkan :
a. Dalam bentuk teks dan juga berupa Diagaram Aliran Sistem Informasi (ASI) lama/
sistem yang ada
b. Dalam bentuk context Diagram Lama (sistem yang ada) beserta penjelasannya.
Lalu,
Uraian kesimpulan/ komentar adanya kelemahan/ perbedaan dengan yang “seharusnya” yang
pada akhirnya harus diselesaikan atau menjadi fokus penelitian (tapi ingat! Harus sesuai/
jangan berbeda dari perumusan masalah). Uraikan SWOT dalam bentuk pargraf.
Uraian tentang rencana perbaikan atau pengembangan, terdiri atas :
a. Context Diagram Baru (bisa saja sama dengan yang lama namun tetap harus
ditayangkan dan dijelaskan, namun bisa juga berbeda dengan CD yang lama) beserta
penjelasannya.
b. ASI Baru beserta penjelasannya
c. Data Flow Diagram (DFD) mulai dari level 0 sampai level terendah/ primitive DFD,
beserta penjelasannya
d. Entri Relationship Diagram (ER-D) yang merupakan uraian/ terjemahan dari lambang
“Data Store” pada DFD level 0, sehingga dapat diketahui jumlah file Data + atribut/ field
yang diperlukan dari sistem baru yang dirancang, beserta penjelasannya.
- Rancangan Output, yaitu berupa bentuk- bentuk laporan yang diinginkan, yang
merupakan perbaikan atau penyempurnaan dari bentuk-bentuk laporan sebelumnya,
beserta penjelasannya
PANDUAN TUGAS AKHIR 28
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
- Rancangan Input, yaitu bentuk-bentuk tampilan di monitor agar para pengguna
dapat berinteraksi dengan sistem yang dirancang, terutama untuk memasukkan ke
dalam file, data-data yang diperlukan ke dalam pembuatan laporan.
- Rancangan File, yaitu kelanjutan dari uraian ER-D dimana ER-D tersebut
diterjemahkan ke dalam bentuk tabel/ relasi dengan penjelasan yang lengkap.
e. Rancangan Program
- Algorithma (berupa Pseudocode atau Flowchart) yang merupakan uraian dari tiap
lambang proses DFD level terendah (primitive DFD), beserta penjelasannya
- Listing program yang dilengkapi, namun dibahas pepotongan/ perblok program
beserta penjelasan dan hasil program sesuai rancangan.
PANDUAN TUGAS AKHIR 29
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
E. Bab IV Kesimpulan, Keterbatasan, Dan Saran
Pada bab ini ditulis 3 bagian pokok yaitu : kesimpulan, batasan sistem dan saran-saran.
Kesimpulan menjabarkan pendapat singkat peneliti berdasarkan hasil dan pembahasan pada
bagian sebelumnya. Berdasarkan kesimpulan yang dibuat, peneliti dapat membuat rujukan pada peneliti
sebelumnya apakah hasil penelitian tersebut mendukung atau menolak hasil penelitian yang dibuat.
Batasan sistem berisikan tentang batasan kemampuan sistem yang dirancang sehingga bagi
yang akan menggunakan ataupun yang memanfaatkan akan memahami ruang lingkupnya. Uraiannya
dapat berupa kelemahan-kelemahan yang disadari peneliti yang kemungkinan akan mempengaruhi hasil
penelitian tersebut.
Saran-saran berisikan tentang hal-hal yang pula ditindaklanjuti oleh user
(pengguna), lembaga ataupun bagi peneliti lain sehubungan dengan adanya batasan sistem yang telah
digarasikan.
IV. BAGIAN AKHIR TUGAS AKHIR
Bagian akhir Tugas Akhir adalah bagian yang berperan sebagai pelengkap dan penunjang bagian inti
Tugas Akhir. Bagian akhir Tugas Akhir dapat berupa tabel, lampiran, paket-paket teori, ataupun penjelasan.
Dengan adanya bagian akhir Tugas Akhir maka diharapkan keraguan pada Bab isi dapat dihilangkan.
Pada penulisan Tugas Akhir AMIK “TRI DHARMA” Pekanbaru, bagian akhir Tugas Akhir itu adalah
: 1. Daftar Pustaka 2. Lampiran-lampiran
Penulisan bagian akhir disesuaikan dengan bentuk yang akan diinformasikan, dan pemberian nomor
halaman lanjutan halaman isi (dengan angka) serta ketentuannya sama dengan bagian isi.
A. Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan sebuah Bab yang memberikan informasi tentang sumber-sumber bacaan
yang digunakan secara lengkap, mulai dari nama pengarang sampai dengan nomor halaman. Ketentuan dalam
penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:
1. Judul Bab di tengah-tengah seperti judul Bab-bab pada bagian isi, yang dibuat dengan huruf
kapital
2. Urutan daftar pustaka disusun menurut abjad awal nama pengarang, yang dimulai dari huruf A.
3. Bila ada lebih dari satu buku yang dengan pengarang yang sama, maka untuk nama selanjutnya
ditulis saja dengan garis, tetapi diurut dari tahun tertinggi. Misalnya Teddy Chandra, mengarang
PANDUAN TUGAS AKHIR 30
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
buku 4 buah yaitu pada tahun 1998,2001,2000,dan 1997. Maka diurutkan dari tahun 1997, 1998,
2000, dan 2001.
4. Bila seorang pengarang punya terbitan buku lebih darisatu pada tahun yang sama di belakang
tahun ditambahkan dengan huruf. Misalnya Ahmad Kamal pada tahun 2003 mengarang 3 buah
buku, maka dalam penulisan adalah:
Kamal, A.2003 a , Kamal, A. 2003 b , Kamal A 2003 c ,………dst
5. Jarak ketikan sebuah daftar pustaka adalah satu spasi
6. Jarak antara daftar pustaka adalah dua spasi
7. Penulisan baris pertama sejajar dengan batas halaman, sedangkan baris kedua dan seterusnya
masuk ke dalam sejauh 5 karakter.
8. Urutan penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut :
a. Nama pengarang
b. Tahun terbit
c. Judul
d. Penerbit, edisi, volume, dst
e. Kota penerbitan
f. Setiap akhir dari urutan tersebut pada point 6, diakhiri dengan titik.
1. Nama Pengarang
a. Nama pengarang yang ditulis lengkap adalah kata-kata nama terakhir, sedangkan katakata
awal ditulis hanya huruf awalnya saja.
b. Bagi nama pengarang yang lebih dari satu kata, huruf awal ditulis dibelakang, kecuali
bila jumlah pengarang lebih dari satu orang maka yang dibalikan penulisan hanya
pengarang pertama.
c. Setelah nama pengarang diakhiri dengan titik.
d. Antara nama pengarang dihubungkan dengan dan kalau pengarangnya dua orang.
e. Bila pengarang lebih dari dua maka antara nama pengarang pertama dan kedua dan
seterusnya dibatasi dengan titik koma.
Contoh :
a) Nama Pengarang : Joko Sugiarsono, ditulis dengan Sugiarsono, J
b) Nama Pengarang : Amri, ditulis dengan Amri
c) Nama Pengarang : Abdul Rahman dan Yulia Devita ditulis dengan Rahman,
A dan Y. Devita.
PANDUAN TUGAS AKHIR 31
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
d) Nama pengarang : Joseph N. Pelton dan John Burch ditulis dengan Joseph,
J.N and J. Burch
e) Nama Pengarang : Mardias Boesmar, Ahmad Kamal, Rony Sanjaya, Moenir,
ditulis dengan : Boesmar, M., A. Kamal., R. Sanjaya dan Moenir.
f) Nama pengarang : Larry Long, Marilyn Meyer, Joseph N. Pelton, dan Budi
Sutedjo, ditulis dengan : Long, L., M. Meyer., J.N Pelton and B. Sutedjo.
f. Bila sumber bacaan itu tidak ada pengarangnya maka sebagai pengganti pengarang kita
ganti dengan lembaga yang menerbitkannya. Penulisannya harus lengkap, tidak boleh
disingkatkan.
Misalnya:
APTIKOM : Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer
Kopertis : Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta, dll.
2. Tahun Terbit
Tahun terbit diisi dengan tahun buku, jurnal, website, prosiding laporan dll diterbitkan. Bila
ada sebuah buku dengan beberapa kali edisi penerbitan, maka yang dipakai adalah tahun
penerbitan terakhir.
3. Judul
Judul yang dibuat dalam daftar pustaka maksudnya adalah :
a. Sumbernya buku / text boak, maka yang dimaksud adalah judul buku atau text-book itu
sendiri.
b. Sumbernya makalah seminar, maka yang dimaksud dengan judul adalah judul makalah.
c. Sumbernya prosiding, journal, Bulletin, majalah, website dan sejenisnya maka
maksudnya adalah judul aartikel yang dalamnya dikutip.
d. Ketentuan penulisan judul adalah :
1. Apabila judul buku dan text book, maka semua huruf awal judul ditulis dengan
huruf kapital.
2. Apabila judul artikel (majalah, journal, bulletin, prosiding dll), maka penulisan
huruf besar pada awal kata adalah untuk awal kalimat, nama orang dan namanama
lain yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
4. Penerbit :
Ditulis dengan nama penerbit buku atau lembaga yang menduplikasi artikel tersebut.
Biasanya dilengkapi dengan edisinya.
PANDUAN TUGAS AKHIR 32
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Kota Penerbit Ditulis dengan kota tempat penerbitan buku atau artikel yang digunakan.
Dalam penulisan daftar pustaka juga kadang – kadang dilengkapi dengan identitas Lin seperti :
Jumlah halaman, No. Halaman, volume, dll.
Misalnya:
Kalau buku / text-book dibelakangnya ditambahkan dengan jumlah halaman buku itu sendiri. Bila
buku itu isinya 400 halaman maka ditulis : pp 400 (kalau bahasa asing) atau 400 hlm (kalau
bahasa indonesia).
Kalau artikel yang ada dalam sebuah kumpulan buku, jurnal, bulletin, prosiding atau yang
sejenisnya biasanya dilengkapi dengan volume (Vol), nomor dan halaman.
Misalnya:
Volume 10 No. 2 pada halaman 124-140, maka ditulis : Vol 10 (2) : 124-140
Contoh penulisan daftar pustaka :
Dari makalah seminar :
Pengarang : Ir. Junaedi Utomo M.Eng
Tahun : 2001
Judul Makalah : Investment Management for Information Technologi, Strategy and
Planning.
Penyampaian : Seminar Nasional Computec
Kota tempat seminar : Bandung
Yaitu:
Utomo, J. 2001. Investment Management for Information Technologi, Strategy and
Planning. Makalah Seminar Nasional. Computec. Bandung
Dari artikel :
Sumber artikel : Bulletin Jendela Informatika
Volume : 1, No. 4, terdapat pada halaman 55-60
Pengarang : Ir. Junaedi Utomo, M. Eng.
Tahun terbit : 2002
Kota : Jakarta
Judul Artikel : Strategi Implementasi teknologi informasi Mendukung Peningkatan
kerja perusahaan.
PANDUAN TUGAS AKHIR 33
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Yaitu:
Utomo, J. 1986. Strategi Implementasi teknologi informasi Mendukung Peningkatan kerja
perusahaan. Bulletin Jendela Informatika. Vol 1 (4) : 55-60
Dari text book :
a. Judul buku : Information systems, theory and paractice, oleh John
Burch.
Penerbit : John Willyand Sons,. Tahun 1986. halaman buku 483 halaman. Edisi ke
– 3.
b. Buku Dasar-dasar Ilmu Komputer oleh Abdul Razak : yang diterbitkan oleh Mizan,
Jakarta tahun 2001 dengan jumlah halaman 257.
Yaitu:
Razak, A. 2001. Dasar-dasar Ilmu Komputer. Mizan Edisi ke-4. Jakarta.257 halaman.
Lebih lengkap contoh penulisan dapat dilihat pada lampiran 19.
B. Lampiran
Lampiran merupakan bahan-bahan, data-data ataupun penjelasan yang belum disampaikan pada
bahagian isi, sementara hal-hal tersebut sangat berhubungan, menjelaskan serta memperkuat bagian isi Tugas
Akhir. Lampiran dapat berupa sebuah narasi, sebuah prosedur, sebuah tabel, gambar dan illustrasi lainnya.
Cara penulisannya disesuaikan dengan cara penulisan yang telah umum. Termasuk Gann Chart sebagai
jadwal pelaksanaan penelitian.
Nomor halaman lanjutan halaman sebelumnya dan dibuat dengan angka.
Ingat ! Setiap ada gambar dan tabel – tabel
HARUS diberi penjelasan, anggap pembaca
itu tidak tahu apa-2 dan NIATKANLAH
bahwa pembaca harus mendapat ilmu saat
selesai membaca sdr ini
PANDUAN TUGAS AKHIR 34
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Pedoman ringkas :
Seharusnya:
Untuk meneliti harus ada MASALAH
(tidak dimulai dari judul)
Sedangkan MASALAH adalah
Perbedaan / GAP antara keadaan sekarang dengan yang
diinginkan / seharusnya
Dengan demikian penelitian sdr/i adalah
untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan PERBEDAAN tersebut
jadi isi uraian cerita Bab I harus merujuk kerumus tersbut !
sebagai berikut:
ceritakan / uraikan tentang keadaan sekarang
ditempat sdr akan meneliti tentang aktifitas / kegiatan SI yang
mungkin masih serba manual usahakan ceritanya yang mengandung
banyak dokumen, bukan kegiatan fisik,
baru kemudian ceritakan atau uraikan keadaan yang diinginkan
(setelah nantinya dikomputerisasi), jadi uraikan saja tentang
kemampuan dan kecanggihan komputer dalam melakukan kegiatan
pencatatan, penyimpanan, pembuatan laporan, dan mendistribusian
laporan tersebut.
Sehingga sdr akan dapat dengan mudah menyimpulkan alasan kenapa
dipilih judul atau topik tersebut dan merumuskan masalah dan tujuan
serta konstribusi bagi perusahaan.
Atau dibalik, uraikan yang diinginkan dulu baru yang ada sekarang !
PANDUAN TUGAS AKHIR 35
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Atau pedomani diagram berikut:
Didukung Didukung
Teori-2 Teori-2
Ada perbedaan ?
Bab III
PEMBAHASAN
Pustaka
Kerangka
Pemikiran
Hipotesa Metode Analisis
Penelitian Data
*) Sesuai jenis penelitian yang dilakukan, maka dalam isi Tugas Akhir mahasiswa AMIK “TRI DHARMA”
untuk kerangka pemikiran, hipotesa, dan analisis data bersifat opsional (bisa ada, bisa tidak ada)
Kenyataan sekarang
/ fenomena
Seharusnya / yg
diinginkan
Rumuskan
Masalah
Tujuan
Kontribusi
/ Manfaat
Hasil testing,
jadikan kesimpulan
Saran – saran,
Batasan Sistem
PANDUAN TUGAS AKHIR 36
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Seharusnya kesimpulan dirumuskan setelah dilakukan implementasi / penerapan ditempat penelitian
PANDUAN TUGAS AKHIR 37
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
V. TATA LAKSANA SIDANG TUGAS AKHIR
AMIK “ TRI DHARMA “ mewajibkan setiap mahasiswanya untuk melakukan penelitian dan menuangkan
Tugas Akhir diakhir jenjang studinya. Untuk kemudian dipertanggungjawabkan di depan dewan penguji pada
sidang Tugas Akhir yang bersifat comprehenship (menyeluruh).
V.1 Ketentuan Umum
a. Mahasiswa yang mengikuti sidang Tugas Akhir
Telah menyelesaikan semua matakuliah atau sks yang diwajibkan
Tidak ada nilai E, dan nilai D maksimum 6 sks yang bukan matakuliah kelompok
pengembangan kepribadian (MPK) serta sebagian kelompok keilmuan dan keterampilan
(MKK)
Telah lulus seminar hasil dan ”ujian kompetensi” (aturan tersendiri)
Terdaftar dan telah melunasi uang kuliah dan persyaratan administrasi lainnya pada
semester saat itu.
Menyiapkan materi presentasi dengan power point atau sejenis
Telah mendapat rekomendasi dosen pembimbing untuk mengikuti sidang
Menggunakan pakaian sesuai aturan
1. Laki – laki
Mengenakan jas, dasi, sepatu kantoran, berkaos kaki, celana bahan tidak jeans atau
sejenisnya, dan rambut tidak menutup telinga dan krah baju.
2. Wanita
Mengenakan pakaian nasional (kebaya dan rambut disanggul, kecuali berjilbab)
b. Tim penyidang dan tata tertib persidangan meliputi
Tim penyidang terdiri atas 5 dosen, dimana 2 diantaranya adalah dosen pembimbing
Dosen pembimbing tidak menjadi ketua sidang
Sidang Tugas Akhir dilaksanakan secara tertutup, yaitu didalam ruang sidang hanya ada tim
penyidang dan soerang mahasiswa yang akan disidang
Mengingat telah dilakukan seminar proposal sebelumnya, maka tim penyidang tidak
diperkenankan melakukan perubahan terhadap bagian – bagian Tugas Akhir yang
merupakan hasil seminar.
Tim penyidang harus memberi penilaian terhadap mahasiswa yang disidang tidak mulai dari
nol karena Tugas Akhir yang telah mendapat rekomendasi dosen pembimbing sudah dapat
dinilai langsung.
PANDUAN TUGAS AKHIR 38
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Keputusan tim penyidang terhadap hasil sidang bersifat mutlak
Tim penyidang diharapkan memberi saran / opsi “mengulang sidang” pada periode yang
sama kepada mahasiswa yang bersangkutan apabila nilai hasil sidang C, dengan dibebani
kewajiban melunasi syarat administrasi untuk sidang mengulang tersebut.
Tanggal sidang dapat dianggap sebagai tanggal yudisium kelulusan.
V.2 Prosedur Pengajuan Tugas Akhir
Koordinasi proses pengajuan Tugas Akhir dilaksanakan sepenuhnya oleh program studi / jurusan,
dimulai sejak pengajuan proposal awal, lalu diseminarkan secara terbuka, kemudian dilakukan seminar hasil
yang juga terbuka. Selanjutnya proposal yang telah lengkap (ada lampiran berita acara seminar asli yang
diberikan pihak Program Studi / jurusan ) dan terjilid permanen langsung menjadi dasar penyusunan Tugas
Akhir.
Dengan proposal lengkap, maka mahasiswa langsung dapat melunasi dana bimbingan dan sidang
pertama kebagian administrasi, setelah sebelumnya mendapat konfirmasi dari pihak Program Studi (PS) /
Jurusan mengenai besar dananya. Apabila telah dilakukan pelunasan, maka mahasiswa yang bersangkutan
membawa dokumen “tanda lunas” dan proposal lengkap ke pihak PS untuk mendapatkan dua nama dosen
pembimbing dan “surat pengantar” ke dosen pembimbing tersebut. Dosen yang ditunjuk sebagai pembimbing
Tugas Akhir sebelumnya telah mendapat Surat Keputusan (SK) sebagai pembimbing Tugas Akhir dari
akademik yang ditandatangani minimal oleh wakil ketua bidang akademik.
Saat menghadap dosen pembimbing, maka mahasiswa yang bersangkutan membawa surat pengantar, kartu
bimbingan, proposal lengkap, dan “surat pernyataan kesanggupan” yang harus ditandatangani masing-masing
dosen pembimbing untuk dikembalikan ke PS/Jurusan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar .1 berikut ini.
PANDUAN TUGAS AKHIR 39
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
PANDUAN TUGAS AKHIR 40
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
PANDUAN TUGAS AKHIR 41
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Gambar 1 : Prosedure Pengajuan Tugas Akhir
Lampiran 1 cara penulisan paragraf
1.1 Latar Belakang Penelitian
PT. X merupakan sebuah perusahaan yang berkantor pusat dijakarta dan cukup berkembang dimana jumlah
pegawai ± 1000 orang. Salah satu kantor cabang PT.X berada di bukit tinggi Sumatra Barat. Seiring dengan
perkembanganya, perusahaan ini secara internal terus melakukan evaluasi guna meningkatkan kesejahteraan
para pegawainya. Adapun salah satu usaha dari koperasi ini adalah seba usaha, yaitu dalam bentuk toko yang
menyediakan keperluan pokok dan barang kelontong. Sehingga tentu saja type dan jenis barang yang di jual
lebih murah juga untuk barang-barang tertentu pembelian dapat dilakukan secara kredit. Guna mengurangi
kendala dalam pelunasan cicilan pagi pembelian barang kredit, pihak perusahaan melalui bagian keuangan
membat kebijakan yaitu langsung memotong gaji pegawai yang bersangkutan, sebesar cicilan yang di wajib di
bayar.
Kegiatan pada koperasi di PT.X tersebut terutama dalam transaksi dan laporan penjualan selama ini telah
ditunjang oleh peralatan komputer. Namun pada proses pencatatan dan penyimpanan data, serta pembuatan
dan pendistibusian laporan-laporan yang dihasilkan, belum sepenuhnya menerapkan teknologi ingormasi
tersebut secara optimal.
Sebagaimana di ketahui bahwa pada saat sekarang ini, komputer secara meluas di masyarakat. Kemampuan
komputer terus mengalami peningkatan, baik dari aspek perngkat kers maupun perangkat lunak. Salah satu
pemangaatan komputer yang saat ini sangat berkembang adalah dalam bidang komunikasi data,
PANDUAN TUGAS AKHIR 42
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 2. Posisi Pengetikan
4 cm
Pinggir
kertas
4 cm 3 cm
Batas
Pengetikan
3cm
Lampiran 3. Posisi Penomoran halaman
Nomor halaman
*
*
Penomoran halaman bagian isi Penomoran halaman bagian
dan penutup Tugas Akhir awal / bab Tugas Akhir
PANDUAN TUGAS AKHIR 43
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 4. Contoh Penomoran Tabel
Tabel 3.4 Laporan Data Buku Perpustakaan Perguruan Tinggi ABC
Kode Buku Judul Buku Pengarang Thn_terbit
Lampiran 5. Contoh Penomoran Gambar
PANDUAN TUGAS AKHIR 44
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
PANDUAN TUGAS AKHIR 45
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 6. Contoh Kulit Luar Tugas Akhir
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
AMIK ”TRI DHARMA” PEKANBARU
Dibina oleh : Yayasan Perguruan Tinggi Riau
TUGAS AKHIR
Judul
...............................................................................................................
.....................................................................................
...............................................................................................................
............................
Oleh
.................................................
NPM :...........
PROGRAM STUDI :............
PEKANBARU
2007
PANDUAN TUGAS AKHIR 46
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 7. Contoh Kulit Dalam Tugas Akhir
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
AMIK ”TRI DHARMA” PEKANBARU
Dibina oleh : Yayasan Perguruan Tinggi Riau
TUGAS AKHIR
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Mencapai Gelar Akademik
Sarjana Komputer Pada Akademik Manajemen Informatika Komputer
Judul
...............................................................................................................
.....................................................................................
...............................................................................................................
Oleh
.................................................
NPM :...........
PROGRAM STUDI :............
PEKANBARU
2007
PANDUAN TUGAS AKHIR 47
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 8. Contoh Lembar Persetujuan
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
AMIK ”TRI DHARMA” PEKANBARU
Dibina oleh : Yayasan Perguruan Tinggi Riau
LEMBAR PERSETUJUAN TUGAS AKHIR
NAMA :
NPM :
PROGRAM STUDI :
JENJANG PENDIDIKAN : Diploma Tiga (D3)
JUDUL :
Pekanbaru ,........................
Menyetujui,
Pembimbing I Pembimbing II
.................................... ....................................
Mengetahui
Direktur AMIK ”TRI DHARMA”
Mardainis, M.Kom
PANDUAN TUGAS AKHIR 48
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 9. Contoh Lembar Rekomendasi
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
AMIK ”TRI DHARMA” PEKANBARU
Dibina oleh : Yayasan Perguruan Tinggi Riau
LEMBAR REKOMENDASI SIDANG TUGAS AKHIR
NAMA :
NPM :
PROGRAM STUDI :
JENJANG PENDIDIKAN : Diploma III (D3)
JUDUL :
Telah Memenuhi Persyaratan
Untuk Dipertahankan di Depan Dewan Penyidang
AMIK ”TRI DHARMA”
Pekanbaru ,........................
Pembimbing I Pembimbing II
.................................... ....................................
PANDUAN TUGAS AKHIR 49
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 10. Bentuk Lembar Pernyataan
PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam Tugas Akhir ini tidak terdapat karya orang lain yang pernah
diajukan untuk memperoleh gelar sarjana di suatu akademi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak
terdapat karya atau pendapat yang pernah bahas, ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali secara tertulis
atau diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Pekanbaru,............................
Tdtgn
Nama Penulis
PANDUAN TUGAS AKHIR 50
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 11. Contoh Lembar Pengesahan
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
AMIK ”TRI DHARMA” PEKANBARU
Dibina oleh : Yayasan Perguruan Tinggi Riau
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR
NAMA :
NPM :
PROGRAM STUDI :
JENJANG PENDIDIKAN : Diploma III (D3)
JUDUL :
Telah dilaksanakan sidang Tugas Akhir didepan dewan penyidang
yang dibentuk oleh AMIK ”TRI DHARMA”
Pekanbaru ,........................
Pembimbing I Pembimbing II
.................................... ....................................
Mengetahui
Direktur AMIK ”TRI DHARMA”
Mardainis, M.Kom
PANDUAN TUGAS AKHIR 51
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 12. Contoh Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirohim
Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah swt, berkat Rahman dan Rahim-Nya Tugas Akhir ini dapat
diselesaikan sekalipun banyak kendala yang harus dihadapi mulai pada saat penetapan proyek penelitian,
analisis dan pembahasan, sampai pada perancangan program komputer.
Tugas Akhir ini disusun sebagai hasil penelitian untuk mendapatkan solusi atau langkah penyelesaian
terhadap masalah sistem informasi koperasi pegawai pada koperasi serba usaha Embun Pagi yang ada
dilingkungan PT.X, yang menerapkan sistem penjualan kredit dan pelunasan langsung dengan jumlah
nasabah yang terus meningkat. Sesuai ruang lingkup penelitian tesebut dirasakan mengandung tingkat
kesulitan yang tinggi terlebih adanya batasan waktu yang ditentukan sehingga diakui bahwa ada banyak pihak
turut membantu agar Tugas Akhir ini mencapai tingkat kualitas yang diinginkan.
Sehubungan dengan bantuan dalam bentuk material maupun spritual yang diterima secara langsung
maupun tidak langsung, maka sudah sepantasnya pada kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih
kepada :
1. Ir, Mardainis, M.Kom selaku ketua AMIK ”TRI DHARMA” yang telah......................
2. Ir, Syahrul, M.Sc selaku dosen pembimbing 1 yang telah ................
3. .......
4. .........
5. Bapak Antoni Arif selaku manager koperasi Embun Pagi yang telah................
6. .............
Semoga apa yang telah dilakukan dibalas oleh Allah, SWT dengan limpahan rahmat dan.................
Pekanbaru, Maret 2010
Ttd
Penulis
PANDUAN TUGAS AKHIR 52
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 13. Contoh Daftar Isi
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................................................ i
DAFTAR ISI...................................................................................................................................... ii
DAFTAR TABEL.............................................................................................................................. iv
DAFTAR GAMBAR .......................................................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................................................... vi
I. PENDAHULUAN............................................................................................................. 1
II. BAGIAN AWAL TUGAS AKHIR................................................................................... 5
A. Kulit luar ............................................................................................................. 6
B. Kulit dalam.......................................................................................................... 6
C. Abstrac ................................................................................................................ 6
D. Halaman Rekomendasi Ujian ............................................................................. 7
E. Halaman Persetujuan Tugas Akhir...................................................................... 7
F. Halaman Pernyataan Keaslian Tugas Akhir........................................................ 8
G. Halaman Pernyataan Tugas Akhir Telah dipertahankan
dalam sidang ujian.................................................................................................. 8
H. Riwayat Hidup .................................................................................................... 8
I. Kata Pengantar ................................................................................................... 9
III. BAGIAN ISI TUGAS AKHIR.......................................................................................... 11
A. BAB I. PENDAHULUAN.................................................................................. 12
1. Latar Belakang................................................................................... 12
2. Perumusan Masalah........................................................................... 12
3. Hipotensa........................................................................................... 13
4. Tujuan Penelitian............................................................................... 14
5. Kontribusi Penelitian ......................................................................... 15
6. Metode Pengantar .............................................................................. 17
B. BAB II. TINJAUAN PERUSAHAAN ............................................................... 18
C. BAB III. TINJAUAN PUSTAKA ...................................................................... 18
1. Ulasan Literatur ................................................................................. 18
2. Latar Belakang Teknik ...................................................................... 23
D. BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN ........................................................... 24
E. BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN............................................................. 26
IV. BAGIAN AKHIR TUGAS AKHIR.................................................................................. 27
PANDUAN TUGAS AKHIR 53
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
A. Daftar Pustaka ..................................................................................................... 2 7
B. Lampiran............................................................................................................. 32
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................................... 33
LAMPIRAN....................................................................................................................................... 34
PANDUAN TUGAS AKHIR 54
AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
www.amiktridharma.ac.id
Lampiran 14. Contoh Daftar Lampiran
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran halaman
1. Cara Penulisan Paragraf........................................................................................................ 33
2. Posisi Pengetikan Tugas Akhir............................................................................................. 34
3. Contoh Pembuatan Tugas Akhir........................................................................................... 34
4. Contoh Pembuatan Tabel...................................................................................................... 35
5. Contoh Pembuatan Gambar.................................................................................................. 36
6. Contoh Kulit Luar Tugas Akhir............................................................................................ 37
7. Contoh Kulit Dalam Tugas Akhir......................................................................................... 38
8. Contoh Abstrak Tugas Akhir................................................................................................ 39
9. Penulisan Halaman Rekomendasi Ujian............................................................................... 40
10. Contoh Penulisan Halaman Persetujuan Tugas Akhir .......................................................... 41
11. Contoh Penulisan Halaman Pernyataan Keahlian Tugas Akhir............................................ 42
12. Contoh Penulisan Halaman Pernyataan Tugas Akhir
telah dipertahankan dalam sidang Ujian................................................................................ 43
13. Contoh Riwayat Hidup ......................................................................................................... 44
14. Contoh Kata Pengantar ......................................................................................................... 45
15. Contoh Format Daftar Isi...................................................................................................... 46
16. Contoh Daftar Tabel ............................................................................................................. 48
17. Contoh Daftar Penulisan Daftar Gambar.............................................................................. 49
18. Contoh Daftar Lampiran....................................................................................................... 50
19. Contoh Penulisan Bab Daftar Pustaka .................................................................................. 51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar dari anda adalah sebuah penghargaan bagi saya.......tinggalkan lah komen dari anda dan saya akan membalasnya,,,,tarerengkiu ya,,,,,

Adbox